Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Banyak Petugas KPPS Meninggal, Fadli Zon: Ironis!

Pemilu berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 24 April 2019 15:07
Jakarta: Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia pada saat proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tercatat hingga Selasa, 23 April, sebanyak 119 orang. Mayoritas petugas meninggal akibat kelelahan.
 
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengucapkan belasungkawa. Menurutnya, pesta demokrasi yang menentukan pemimpin bangsa dan wakil rakyat tidak seharusnya menelan korban jiwa.
 
"Ini suatu tragedi yang tidak perlu terjadi andai sudah diatur sedemikian rupa, apalagi karena faktor kelelahan," kata Fadli Zon, ditemui di ruangan kerjanya di Lantai 3 Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Gerindra itu menyebutkan, seharusnya penyelenggara Pemilu sudah memprediksi berbagai kemungkinan yang terjadi, termasuk kondisi fisik para petugas, sehingga nyawa petugas tidak menjadi taruhan.
 
"Sangat ironis di negara demokratis seperti ini banyak korban yang meninggal karena pemilu," ucapnya.
 
Fadli Zon menegaskan, berbagai kemungkinan saat penyelenggaraan pemilu seharusnya bisa diprediksi oleh penyelenggara pemilu. Terlebih, desain pemilu serentak kali ini diusulkan oleh eksekutif.
 
"Jangan lupa yang mengajukan rancangan UU ini dahulu pemerintah, bukan dari DPR. Tadi saya dengar seolah-olah ini (usul) DPR. UU pemilu ini datangnya dari pemerintah, desainnya dari pemerintah," katanya.
 
Meski pun begitu, Fadli tetap mengapresiasi kerja petugas penyelenggara pemilu. Mereka dianggap melakukan tugas yang mulia, yaitu menjaga suara rakyat.
 
"Saya sangat mengapresiasi. Apalagi, mereka yang sudah bekerja keras menjaga suara rakyat dari kecurangan yang masif," ujar dia.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif