Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat verifikasi dan approval surat suara anggota DPR serta calon presiden dan calon wakil presiden - Medcom.id/Damar Iradat.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat verifikasi dan approval surat suara anggota DPR serta calon presiden dan calon wakil presiden - Medcom.id/Damar Iradat.

Format Surat Suara Pemilu Segera Dirilis

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Damar Iradat • 04 Januari 2019 16:37
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat verifikasi dan approval surat suara anggota DPR serta calon presiden dan calon wakil presiden. Setiap perwakilan partai politik akan menandatangani 80 contoh surat suara.
 
Ketua KPU Arief Budiman mengatakan proses penandatanganan surat suara ini merupakan bagian akhir dari rangkaian panjang proses validasi surat suara. Proses ini sudah dimulai sejak penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS).
 
"Tanda tangan hari ini bukan tiba-tiba, tapi sudah dimulai dari DCS disusun. Diperbaiki nama-namanya. Kemudian DCT juga dilakukan validasi tentang penulisan nama, gelar, huruf, dan sebagainya," kata Arief saat membuka rapat di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut tim paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah menyiapkan spesimen khusus untuk tanda tangan. Nantinya, berdasarkan spesimen ini surat suara akan diproduksi, baik untuk dalam negeri dan luar negeri.
Format Surat Suara Pemilu Segera Dirilis
Rancangan surat suara oleh KPU - Medcom.id
 
Sementara, untuk partai politik, KPU sudah menyiapkan seluruhnya ada 80 surat suara. Para perwakilan parpol yang akan menandatangani itu diminta berhati-hati dan mengecek ulang nama para kandidat yang sudah tertulis di masing-masing dapil di surat suara.
 
"Delegasi parpol yang di sini adalah yang diberi mandat untuk melakukan approval. jadi yang hadir di sini bertanggung jawab atas approval. Masing-masing utusan atau perwakilan dari parpol akan tanda tangan 80 jenis surat suara. Secara simbolis kita akan tanda tangan bersama-sama untuk surat suara yang ada di depan," ujar dia.
 
Dengan proses ini diharapkan surat suara sudah bisa dicetak pekan depan setelah pemenang lelang ditetapkan. Saat ini, kata Arief, pemenang lelang sudah ada.
 
"Hari ini pemenang lelang sudah ada, tapi belum final. Masih dalam masa sanggah sampai 7 Januari. Kalau sudah tidak ada bisa tanda tangan kontrak, proses produksi bisa segera dimulai," tutur dia.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif