Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo--MI/Rommy Pujianto
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo--MI/Rommy Pujianto

Agus Rahardjo Tak Akan Hadiri Debat Pilpres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Juven Martua Sitompul • 16 Januari 2019 15:38
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo selaku panelis memastikan tidak akan menghadiri debat Pilpres 2019. Lembaga Antirasuah ogah terlibat langsung dalam debat Pilpres 2019 tersebut.
 
"Kami sudah dari awal memberitahukan kepada KPU, KPK tak bisa hadir dalam acara debat," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Agus menegaskan lembaganya tidak akan terlibat dalam ranah politik. Kelima pimpinan sepakat menjaga idependensi Komisi Antikorupsi. "Kan pada waktu kita mau masuk banyak yang memperdebatkan jangan sampai kita masuk ranah politik independensi kita di mana," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pimpinan KPK Tak Akan Hadiri Debat Pilpres
 
Pucuk pimpinan KPK ini memastikan soal yang diserahkan ke KPU disusun kelima pimpinan dan jajarannya. Menurut Agus, semua pertanyaan yang telah disusun lembaganya telah dibocorkan KPU kepada dua paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
"Cuma nanti yang keluar kan tidak tahu karena setiap subseksi ada lima (pertanyaan) kan, lima untuk hukum, lima untuk terorisme, lima untuk korupsi, dan lima untuk HAM. Yang keluar yang mana kan enggak tahu, tapi sudah dibagikan kalau tidak salah," kata Agus.
 
KPU akan menggelar debat perdana, Kamis 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Temanya meliputi hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Total debat yang harus diikuti paslon sebanyak lima kali.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi