Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

OSO Ingin Suasana Debat Pilpres Intelek

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 17 Januari 2019 19:12
Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO) berharap debat perdana Pilpres 2019 diisi dengan pertarungan gagasan. Kedua pasangan tak boleh hanya memainkan emosi publik.
 
"Suasananya harus intelek, tidak emosional, tapi berorientasi terhadap program," kata OSO di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019.
 
OSO tak ingin debat hanya diisi saling serang antara pasangan calon. Menurut dia, yang dibutuhkan masyarakat adalah informasi tentang gagasan dan program.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita kan bukan mau serang menyerang tapi membangun sistem adalah pembangunan ke depan, harapan ke depan, masa depan kita dan masa depan anak cucu kita dan generasi muda," kata dia.
 
Meski begitu, Ketua Umum Partai Hanura ini menilai mewajari jika pasangan calon membahas kasus tertentu. Namun, isu itu harus terukur dan dalam konteks berdiskusi.
 
Baca: JK Bersyukur Pemilu Indonesia Tak Pernah Berujung Kisruh
 
"Ya, itu masalah apa saja boleh dibahas, tapi sifatnya adalah diskusi. Perdebatan, diskusi, moral jadi harus terukur," tandasnya.
 
Sejumlah pejabat negara mulai berdatangan ke lokasi pelaksanaan debat perdana pilpres. Selain OSO, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan juga sudah tiba di lokasi.
 
Debat perdana Pilpres 2019 akan diselenggaralan pukul 20.00 WIB malam ini. Tema yang akan diangkat meliputi isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi