Pasangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.
Pasangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.

Tes Baca Alquran Dinilai Tak Perlu Jadi Syarat Capres-cawapres

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Siti Yona Hukmana • 30 Desember 2018 23:52
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin Hajriyanto Thohari menilai tes membaca Alquran tak perlu ditambahkan dalam syarat pemilihan presiden dan wakil presiden. Karena, syarat calon presiden dan wakil presiden telah diatur UUD 1945.
 
"Melihat syarat-syarat capres dan cawapres sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 tentang Pilpres dan di dalam peraturan KPU itu sudah lebih dari cukup syarat bagi seorang capres cawapres," kata Hajriyanto di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Desember 2018.
 
Baca: Prabowo Ibarat Menepuk Air di Dulang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thohari tak masalah jika masyarakat menjadikan baca Alquran sebagai syarat. Hal itu menjadi pilihan pribadi masyarakat. Karena, masyarakat berhak memilih paslon sesuai kriteria mereka.
 
Tapi, syarat itu tak berarti harus diberlakukan secara resmi dan menambahkannya dalam aturan yang telah ada. Karena, aturan tersebut telah diatur dalam UUD 1945.
 
Ia menegaskan, aturan yang tercantum dalam UUD 1945 harus direvisi jika tetap memaksakan tes baca Alquran sebagai salah satu syarat. "Tapi, itu kan sudah tidak mungkin lagi (waktu sudah dekat)," ujarnya.
 
Baca: Maruarar Sirait: Jokowi Siap Dites Baca Alquran
 

 



 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif