Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra. Foto: MI
Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra. Foto: MI

Kubu Prabowo Tak Masalah Yusril Gabung Jokowi

Pemilu pilpres 2019 Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah • 06 November 2018 15:10
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tak masalah Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra bergabung ke kubu Jokowi-Ma`ruf.
 
Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso menghormati keputusan Yusril yang menjadi kuasa hukum tim Jokowi-Ma'ruf.
 
"Ya kan ini demokrasi boleh-boleh saja. Mau ke sana juga engga apa-apa, ini demokrasi bebas-bebas saja," kata Djoko di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Djoko sendiri mengaku sempat berkomunikasi dengan sosok Yusril. Namun, saat itu belum ada pembicaraan mengajak bergabung ke koalisinya.
 
"Pernah (bertemu), waktu (deklarasi) pemilu damai," ujar Djoko.
 
Ia membantah memaksa Partai Bulan Bintang (PBB) yang diketuai Yusril untuk bergabung ke koalisi Prabowo-Sandi. Semua kembali kepada Yusril sendiri soal pilihan politiknya.
 
"Jadi yang namanya perjuangan itu kesadaran yah. Kalau kita yang minta kan belum tentu orangnya mau," pungkasnya.
 
Baca: Alasan Jokowi Pilih Yusril Jadi Kuasa Hukum
 
Yusril sebelumnya membenarkan telah bergabung ke tim pasangan calon Jokowi-Ma'ruf. Pakar hukum tata negara itu akan mengawal petahana dari aspek hukum.
 
"Jika ada hak-hak Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf yang dilanggar, beliau dihujat, dicaci, dan difitnah misalnya, tentu saya akan melakukan pembelaan," kata Yusril melalui keterangan tertulisnya, Senin, 5 November 2018.
 
Mantan Menteri Sekretaris Negara itu memastikan pembelaan tetap mengedepankan fakta hukum. Dia tak mau gegabah membela tanpa merujuk etika hukum yang benar.
 
Yusril juga akan memberikan masukan dan pertimbangan langkah-langkah hukum kepada Jokowi-Ma'ruf. "Agar klien tidak salah dalam melangkah, serta melakukan pembelaan jika ada hak-haknya yang dilanggar pihak lain," ujar dia.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif