Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

TGB: Yang Ada Hanya Rasa Syukur

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
M Sholahadhin Azhar • 17 April 2019 19:03
Jakarta: Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi merespons pernyataan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi tak merespons berlebihan hasil hitung cepat pemilihan presiden.
 
"Tidak ada euforia, yang terasa nuansa syukur. Alhamdulillah," kata TGB di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu, 17 April 2019.
 
Ia menyebut Jokowi mempercayai hitung cepat sebagai metode yang didasari ilmu pengetahuan. Metode yang teruji dan dapat dipertanggungjawabkan, namun semuanya saat ini harus menunggu keputusan resmi Komisi Pemiliham Umum (KPU).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini, kata dia, adalah bagian dari Jokowi untuk menghormati kewenangan KPU. Karena UU menegaskan bahwa yang mengumumkan hasil pemilu adalah KPU.
 
"Pada waktunya KPU akan mengumumkan Jokowi-Ma’ruf yang menang. Insyaallah," ujar dia.
 
Baca: Jokowi: Mari Kembali Bersatu
 
Lebih lanjut, TGB mengomentari klaim penantang soal kecurangan yang masif. Ia melihat hal itu tak perlu dikeluhkan karena ada mekanisme yang bisa ditempuh untuk menindaklanjutinya.
 
Jika ada keberatan, TBG menyarankan pihak tersebut mengadukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), KPU, dan Mahkamah Konstitusi.
 
"Sepanjang tidak melanggar hukum. Kalau sudah melanggar ada mekanismenya. Kalau klaim silakan saja," ujar dia.
 
Ia mengimbau, jika pihak-pihak tersebut sayang kepada Indonesia, maka tak perlu mengancam siapa pun dan apa pun. Karena bagi TGB, ungkapan yang provokatif tidak akan membawa kemaslahatan untuk Indonesia. "Itu hanya membuat bangsa kita mundur," ujar dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif