Sekjen PDI Perjuangan hasto Kristiyanto. Medcom.id/Fachrie Audhia
Sekjen PDI Perjuangan hasto Kristiyanto. Medcom.id/Fachrie Audhia

Hasto Sebut Ada yang Ingin Mengangkangi Demokrasi

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
M Sholahadhin Azhar • 21 Mei 2019 02:17
Jakarta: Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut pemilihan umum menjadi tolok ukur kualitas demokrasi. Ia menyayangkan adanya pihak yang ingin merusak keberhasilan pemilu di Indonesia dengan menggunakan pergerakan massa.
 
"Tetapi ada pihak-pihak yang mencoba mengingkari gerakan rakyat yang dengan sadar ke TPS (tempat pemungutan suara) sebagai pemegang kedaulatan sejati," ujar Hasto saar diskusi di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 20 Mei 2019.
 
Hasto mengatakan, seluruh dunia menyaksikan bagaimana pemilu paling kompleks di Indonesia berlangsung dengan dukungan penuh masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan partisipasi rakyat yang begitu besar, yakni 81,5 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi Hasto, pihak yang menolak hasil pemilu dengan menghasut masyarakat adalah bentuk tak mempercayai demokrasi. "Mereka yang mencoba menghasut rakyat tidak memahami terhadap intisari dari kekuatan rakyat itu sendiri,” ujar Hasto.
 
Menurutnya, semua pihak tak perlu takut dengan ancaman aksi 22 Mei 2019. Mengingat demonstrasi tersebut tak akan mengubah hasil pemilu yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Hasto yakin proses pengumuman KPU akan berlangsung aman. Protes terkait hal itu dianggapnya sebagai riak kecil demokrasi, tak jauh berbeda dengan pilkada.
 
"Maka sebaikanya mereka berpakir ulang karena tidak hanya politik hukum negara yang akan menghadapi mereka, tapi juga kekuatan rakyat," ujarnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif