Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily (kiri)/MI/Mohamad Irfan
Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily (kiri)/MI/Mohamad Irfan

Isu Mobil Esemka Dinilai Sengaja Didaur Ulang

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Arga sumantri • 24 Januari 2019 12:41
Jakarta: Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno disebut mendaur ulang isu mobil esemka. Juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menyatakan Jokowi menegaskan mobil Esemka merupakan industri mandiri yang digerakkan swasta, bukan pemerintah.
 
"Kenapa mobil Esemka lekat dengan Pak Jokowi? Karena itu adalah kreasi anak bangsa, percobaan anak-anak SMK di Solo," kata Ace di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Baca: Mobil Esemka Bukan untuk Kepentingan Politis

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ace, pemimpin harus mampu memberikan motivasi kepada anak-anak muda yang ingin membuat bangsa Indonesia mandiri di bidang manufaktur. Jokowi dan wakil wali kota kala itu, FX Hadi Rudyatmo, mendukung dengan menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas.
 
Tindakan itu merupakan simbol kebanggaan sebagai warga Solo. Itu juga sebagai dukungan moral yang sangat penting.
 
"Kenapa? Karena industri baru dan lokal jika tidak diberi dukungan dari pemangku kebijakan, pasti akan tergilas atau mendapat gempuran yang berarti dari industri mobil lain yang sudah mapan," beber politikus Golkar itu.
 
Baca: Kelangsungan Proyek Esemka di Tangan Industri
 
Sejak awal, mobil Esemka milik sebuah sekolah yang bekerja sama dengan industri-industri swasta. Pemerintah hanya memberi dukungan dari segi regulasi.
 
Pada September 2012, mobil Esemka akhirnya lulus uji emisi dan gas buang Kementerian Perhubungan. Setelah itu, Esemka mencari mitra guna membuat perusahaan.
 
"Pak Jokowi tidak pernah mengatakan Esemka adalah programnya saat menjadi calon presiden pada Pilpres 2014. Isu ini murni buatan dan karangan kubu Prabowo yang digunakan untuk menjatuhkan Pak Jokowi," tegas Ace.
 

 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi