Anggota Bawaslu Rahmat Bagja. Foto: MI/Susanto.
Anggota Bawaslu Rahmat Bagja. Foto: MI/Susanto.

Jangan Gunakan Bawaslu untuk Jatuhkan Lawan Politik

Pemilu pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 05 November 2018 20:42
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersilakan masyarakat melapor jika menemukan dugaan pelanggaran pemilu. Namun, masyarakat juga diminta bijak menanggapi laporan-laporan dugaan pelanggaran pemilu.
 
"Jadi jangan sampai Bawaslu digunakan untuk menjatuhkan pihak-pihak lain," kata anggota Bawaslu Rahmat Bagja di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 5 September 2018.
 
Bagja menjelaskan masyarakat sebaiknya melapor ke Bawaslu selama memang menemukan unsur pelanggaran dan murni berniat ingin menegakan keadilan pemilu. Semua pihak diharapkan tidak memanfaatkan Bawaslu untuk tujuan lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masing-masing orang punya hak untuk melaporkan pelanggaran tetapi ya diharapkan bijak juga menghadapi suasana yang sekarang ini terjadi," jelas dia.
 
Baca: Etika Harus Dikedepankan dalam Berpolitik
 
Namun begitu, Bagja tetap menekankan pentingnya partisipasi masyarakat bersama Bawaslu dalam proses pengawasan pemilu. Dia juga berjanji Bawaslu bakal menangani setiap laporan seadil-adilnya.
 
"Kalau suatu laporan tidak substansial pasti kami tolak. Tidak melanggar ya kami tolak, kami bilang ini tidak memenuhi unsur," tutur dia.
 


 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif