Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

KPU Diminta Tegas Mengambil Keputusan

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 09 Januari 2019 01:39
Jakarta: Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay menginginkan KPU tegas dalam mengambil suatu kebijakan maupun keputusan. Tujuannya agar tidak terjadi cekcok antarpasangan calon.
 
"Kalimat misalnya ini hasil kesepakatan, itu menunjukkan mereka itu diatur semua. Padahal penyelenggara pemilu itu punya kemandirian sangat tinggi. Harus tegas dalam aturan, mereka (paslon) patuh, jangan ada yang melawan aturan KPU yang telah dibuat," kata Hadar ditemui disela-sela acara diskusi dengan tema 'Membangun Kepercayaan dalam Pemilu 2019' di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Bila tidak tegas, kewibawaan KPU menjadi taruhannya. "Saya harap ini akan baik. Mereka bisa keluar dengan kinerja yang baik sehingga masyarakat bisa lebih yakin dengan pemilu kita. Fokus saja," tegas Hadar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tempat yang sama, mantan Komisioner KPU lainnya, Sigit Pamungkas‎ juga menyatakan pendapat serupa. Kinerja KPU, menurut dia, tengah menjadi sorotan masyarakat luas lantaran tidak tegas dalam menentukan kebijakan.
 
Sebagai contoh, beber Sigit, terkai‎t keputusan penyampaian visi dan misi yang dibatalkan oleh KPU.Pasangan calon nomor urut 01 menginginkan penyampaian visi-misi lewat tim sukses (timses), sedangkan pasangan nomor urut 02 ingin disampakan langsung oleh capres dan cawapres.
 
"Jadi itu aspek profesionalitas yang lemah yang berdampak pada dugaan keberpihakan. Jadi KPU harus tegas. Setiap regulasi yang dibuat juga harus matang, agar dipatuhi seluruh pasangan calon. Kalau ‎ide masih dalam tataran konsep, jangan ditawarkan pada peserta pemilu," pungkas Sigit.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi