Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

KPU Izinkan Paslon Tes Baca Alquran

Pemilu pilpres 2019
Kautsar Widya Prabowo • 16 Januari 2019 14:26
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilakan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019 untuk merespon aspirasi Ikatan Dai Aceh (IDA), terkait tes baca Alquran. Hal tersebut setelah dilakukan koordinasi internal komisioner KPU dengan IDA.
 
Komisioner KPU Wahyu Setiawan menghormati aspirasi masyarakat Aceh tersebut untuk mengetahui calon-calon pemimpin yang baik. Namun, KPU tidak dapat menjalankan aspirasi tersebut karena tidak tercantum dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.
 
"KPU tidak punya kewenangan untuk memaksa pasangan Capres dan Cawapres untuk mengikuti dan tidak mengikuti uji baca Alquran yang diinisiasi IDA," ujarnya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, keputusan tersebut bukan lah aspirasi yang tidak baik. Keputusan akhir ia serahkan kepada masing-masing Paslon 01 dan 02. "Kami menyambut baik prakarsa itu dan kita kembalikan ke masing-masing Capres dan Cawapres untuk mengikuti dan tidak mengikuti," imbuhnya.
 
Baca: MUI Siap Memfasilitasi Tes Baca Alquran
 
Sementara itu, Ketua IDA Tengku Marsuddin Ishak menjelaskan tidak mempersalahkan KPU yang tidak dapat memfasilitasi. Karena undang-undang tidak mengatur hal tersebut. Tapi pihaknya tetap menunggu respon dari masing-masing kubu.
 
"Terkait jadi atau tidak kita tunggu kedua jawaban dari pasangan capres dan cawapres. Kalau memang keduanya mau ikut ya bismillah kita adakan insyaallah," imbuhnya.
 
Meskipun IDA sudah menyambangi masing-masing posko kemenangan Capres dan Cawapres, tapi belum ada respon secara resmi dari Paslon nomer urut 01 dan 02 kepada pihaknya. "Sampai saat ini saya berdiri belum, secara resmi," pungkasnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif