SBY Ajak Elite Menghindari Jebakan Politik Identitas
Ketum Demokrat SBY berbicara di hadapan caleg/Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Jakarta:Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menangkap iklim politik Indonesia bergeser pada permainan politik identitas. Hal yang mulai terlihat sejak Pilkada DKI 2017 itu harus dihindari.

"Partai Demokrat mengajak dan menyerukan kepada komponen bangsa dan elite politik, para pemimpin partai poltik, mencegah terjadinya politik identitas dan benturan ideologi, paham yang semakin ekstrem," tegas SBY di hadapan ratusan calon legislatif Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 November 2018.


Baca: 3 Tantangan Demokrat pada Pemilu 2019

Presiden ke-6 Indonesia itu berharap Pemilu Serentak 2018 berlangsung damai dan demokratis. Namun, kompetisi keras memang tak bisa dihindari.

"Demokrat tidak ingin kontestasi pilpres dan pileg tahun depan prosesnya  menimbulkan perpecahan bangsa, jangan mengarah ke disintegrasi. Kerukunan dan persatuan bangsa (harus dijaga)," ucap dia.

Baca: SBY Anggap Wajar Suhu Politik yang Memanas

Ia juga berpesan kepada mereka yang saat ini mengemban amanah sebagai pengambil kebijakan mengedepankan hal-hal berkaitan dengan rakyat. Mengeksploitasi perbedaan sebaiknya benar-benar dihindari.

"Kami sungguh berharap kepada para pemimpin bangsa yang sedang mengemban amanah, termasuk para capres dan cawapres dengan tim pendukung untuk tetap menjaga keutuhan dan kerukunan, serta persatuan," beber SBY.



(OJE)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id