Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Korupsi Sektor SDA Jadi Fokus di Debat Pilpres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Juven Martua Sitompul • 16 Januari 2019 11:50
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut salah satu fokus tema korupsi, yang akan dibawa dalam debat Pilpres 2019, perdana adalah tindak pidana korupsi di sektor sumber daya alam (SDA). Praktik rasuah pada sektor ini dinilai persoalan serius, yang masih jadi 'pekerjaan rumah' negara.
 
"Karena bukan hanya kerugian negara yang kita bicarakan, tetapi juga ekosistem yang rusak. Sayangnya masih belum bisa dihitung sebagai kerugian negara," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Fokus tema korupsi di sektor SDA itu, diharapkan bisa melahirkan kebijakan-kebijakan baru untuk melindungi alam dari perusakan. "Baik di pusat atau di daerah agar tidak mengandung unsur korupsi tekait sumber daya alam," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pimpinan KPK Tak Akan Hadiri Debat Pilpres
 
Febri menjelaskan tema lain yang akan dikupas dalam debat itu adalah terkait pencegahan. Termasuk memaksimalkan penerimaan negara melalui pajak, bea cukai dan penerimaan negara bukan pajak.
 
"Karena dengan penerimaan pajak yang maksimal inilah bisa dilakukan pembiayaan yang lebih kuat terhadap upaya reformasi birokrasi, pelayanan terhadap masyarakat serta hal-hal yang lainnya," ucap Febri.
 
KPU menggelar debat Pilpres perdana, Kamis 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Temanya meliputi hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
 
Debat ini akan diikuti oleh dua paslon capres dan cawapres yaitu Joko Widodo-Ma'rut Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Total debat yang harus diikuti paslon sebanyak lima kali.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif