Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Warga Jakbar Diminta Aktif Melaporkan Pelanggaran Kampanye

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Januari 2019 04:30
Jakarta:Warga di Jakarta Barat diminta aktif melaporkan kecurangan kampanye. Hal ini bisa jadi bentuk partisipasi aktif masyarakat mengawasi pemilu.
 
"Jangan takut," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat Oding Junaidi di Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Oding memastikan kalau identitas pelapor akan dirahasiakan. Nama pelapor tak akan diberitahu ke pihak manapun hingga kasus yang dilaporkan berkekuatan hukum tetap alias inkracht.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oding menjelaskan, secara formal, cara pelaporan pelanggaran kampanye bisa dilakukan secara langsung ke Bawaslu. Mekanismenya, pelapor harus mengisi formulir, serta melengkapi bukti dan keterangan saksi.
 
Pelapor juga harus membeberkan kronologis pelanggaran. Mulai dari waktu kejadian juga menulis pihak yang dilaporkan secara lengkap.
 
Oding mafhum, cara ini kurang diminati. Namun, kata dia, masyarakat juga bisa melaporkan pelanggaran melalui media sosial Bawaslu Jakarta Barat. Laporan akan menjadi bahan awal Bawaslu menindaklanjuti.
 
"Masyarakat itu sebenarnya memang cukup memberitahukan lewat Whatsapp, nanti kita melakukan penelusuran," jelasnya.
 
Menurut Oding, sejumlah laporan dugaan pelanggaran kampanye dari masyarakat sudah ada yang masuk ke Bawaslu Jakarta Barat. Namun, belum semuanya bisa ditindaklanjuti.
 
Laporan pelanggaran yang masuk antara lain soal bagi-bagi sembako dan politik uang. Khusus soal politik uang, laporan yang masuk masih rancu, benar politik uang atau sekadar biaya kampanye. "Tapi tetap kita telusuri."
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi