Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Timses Capres Diminta Menjaga Kesucian Tempat Ibadah

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Achmad Zulfikar Fazli • 25 Januari 2019 20:05
Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta tim sukses (timses) pasangan calon presiden menjaga kesucian tempat ibadah. Salah satunya tidak mengedarkan tabloid atau sejenisnya yang bernuansa politik di tempat ibadah.
 
"Rumah ibadah tempat umat beragama menjalankan kewajibannya. Tentu semua umat beragama miliki aspirasi politik yang beragam, tak tunggal. Inilah mengapa aktivitas politik itu harus dihindarkan, enggak boleh kampanye atau melakukan aktivitas politik praktis di rumah ibadah," kata Lukman di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Baca: Masjid Tak Boleh Jadi Tempat Kampanye

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap tim sukses pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjaga kesucian tempat ibadah. Sehingga, tak ada aktivitas penyebaran politik praktis di tempat ibadah.
 
Lukman mengakui tak bisa menindak para pelaku yang menyebarkan tabloid politik praktis. Penindakan itu dilakukan pengawas pemilu dan kepolisian. Tapi, perwakilan kantor agama sudah diperintahkan untuk mengawasi segala kegiatan politik praktis di tempat ibadah.
 
"Nanti aparat penegak hukum yang akan bertindak. Kemenag kan bukan bidangnya, tidak punya kewenangan masuk ke wilayah hukum," ujarnya.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi