Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily. ANT/Reno Esnir.
Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily. ANT/Reno Esnir.

TKN: Jokowi Tak Mau Merendahkan Penantang

Pemilu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 20 April 2019 15:31
Jakarta: Juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin Ace Hasan Syadzily menyebut deklarasi kemenangan Jokowi di Plataran Menteng, 18 April, sebagai sikap negarawan. Meski menyadur data hitung cepat, Jokowi tak jemawa mengklaim telah menang.
 
"Menang tanpa ngasorake, menang tanpa merendahkan, dengan tetap menjaga perasaan kubu yang kalah," ujar Ace di Jakarta, Sabtu, 20 April 2019.
 
Menurut Ace, sikap Jokowi itu menunjukkan bagaimana persatuan lebih penting dari klaim kemenangan. Dengan menjaga perasaan kompetitor, petahana berupaya membuat semua elemen bangsa tetap tenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, Jokowi ingin agar perbedaan pilihan politik tak memengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Dengan sikap negarawan itu, Ace yakin kubu 01 dan 02 bakal melebur secara perlahan untuk bersama membangun bangsa.
 
"Menghindari polarisasi, konflik-permusuhan yang pernah terjadi," kata dia.
 
Ace juga melihat Jokowi menghindari euforia kemenangan sejak hasil hitung cepat keluar. Sebab petahana yakin sikap tenang dan tak gegabah akan lebih bermanfaat untuk menyatukan semua golongan.
 
Menurut Ace, komitmen menjaga persatuan telah ditunjukkan Jokowi sejak awal. Petahana bahkan mengajak semua pendukung bersabar menunggu rekapitulasi suara dari KPU.
 
"Selain itu Pak Jokowi menekankan seruan untuk menjaga persatuan dan persaudaran," kata Ace.
 
Jokowi pada 18 April 2019 memang mengumumkan kemenangan berdasarkan hasil hitung cepat. Namun hal itu dilakukan tanpa euforia. Jokowi malah meminta semua pihak untuk tetap bersabar dan menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bagaimanapun, jelas dia, pemenang Pilpres ditetapkan oleh KPU.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif