Capres nomor urut 01 Joko Widodo mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak.
Capres nomor urut 01 Joko Widodo mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak.

Jokowi: Pemerintahan Dilan Mempercepat Pelayanan

Pemilu debat capres pilpres 2019
Arga sumantri • 30 Maret 2019 21:39
Jakarta: Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengungkapkan komitmennya terhadap perbaikan sistem pemerintahan ke depan, terutama soal pelayanan. Jokowi ingin memadukan kemajuan teknologi dan pelayanan yang mumpuni lewat 'Pemerintahan Dilan'.
 
Menurut Jokowi, makna 'Pemerintahan Dilan' bukan hanya melayani, melainkan juga perlu kecepatan. Ada beberapa hal yang diperlukan untuk membuat pelayanan pemerintah yang cepat. Pertama, reformasi pemerintahan dengan mengedepankan pelayanan berbasis elektonik.
 
"E-government, e-procurement, e-budgeting, sangat-sangat diperlukan dalam menyiapkan era digital ke depan," kata Jokowidalam debat capres di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Jokowi Inginkan 'Pemerintahan Dilan'
 
Setelah itu, kata dia, penyederhanaan dan penajaman kelembagaan. Selama pemerintahannya, Jokowitelah membubarkan 23 lembaga. Hal ini dilakukan guna merampingkan lembaga sehingga mempercepat pelayanan. "Agar gampang memutuskan dan tidak berbelit," ujarnya.
 
Selain itu, Jokowi mengatakan perlu dilakukan peningkatan kualitas aparatur pemerintahan. Hal ini dilakukan agar para pelayan rakyat itu bisa melayani masyarakat dengan lebih cepat dan semua pelayanan harus berbasis elektronik.
 
Kemudian, Jokowi memastikan akan terus melakukan reformasi tata kelola. Manajemen lembaga harus disederhakan, dan lembaga yang tidak perlu harus dibubarkan.
 
"Kalau perlu ditambah (pembubaran lembaga) kalau memang ada lembaga yang justru menghambat dan menyebabkan pelayanan kita bertele-tele," pungkas dia.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif