KPU Cari Celah Soal Keanggotaan DPD

M Sholahadhin Azhar 22 November 2018 14:28 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Cari Celah Soal Keanggotaan DPD
Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta:Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak akan ngotot soal sengkarut persyaratan keanggotaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Komisioner KPU Ilham Saputra menyebut pihaknya akan mencari win-win solution.

"Ya, kita berharap begitu. Sekali lagi saya bilang tadi kita mencari jalan keluar yang terbaik dari persoalan ketatanegaraan kita ini," kata Ilham di Jakarta, Kamis, 22 November 2018.


Menurutnya, harus ada kesepahaman antara Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA) terkait persyaratan keanggotaan DPD. Sebab, keduanya merupakan lembaga tinggi dengan kebijakan linier.

Ilham sendiri heran karena MA mengabulkan gugatan Oesman Sapta Odang (OSO) untuk perkara ini. Pun demikian, KPU tak ambil pusing. Sore ini, Ilham bersama komisioner KPU lainnya akan mengadakan audiensi dengan MK membahas hal ini.

Baca: OSO Menang di PTUN

Ada beberapa hal yang akan dibahas. Salah satunya yakni pengadilan khusus yang mengurus perkara pemilu. Ilham meyakini hal tersebut adalah solusi agar masalah serupa tak terulang.

"Kenapa kita tidak hadirkan pengadilan pemilu yang lebih baik agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," kata dia.

MK memutuskan anggota DPD dilarang merangkap jabatan sebagai anggota partai politik. Aturan ini dituangkan dalam putusan MK No. 30/PUU-XVI/2018.

OSO lantas menggugat putusan itu ke MA dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Hasilnya, MA mengabulkan gugatan uji materi OSO terhadap PKPU Nomor 26 Tahun 2018 terkait syarat pencalonan anggota DPD.

Majelis Hakim PTUN juga menelurkan putusan serupa. Hakim PTUN membatalkan Surat Keputusan (SK) KPU yang menganulir OSO sebagai calon anggota DPD.



(YDH)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id