Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Durasi Debat Pilpres Akan Diperpanjang

Pemilu pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 22 Januari 2019 20:23
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memperbarui format debat pilpres berikutnya. Salah satunya penambahan durasi penyampaian jawaban atau visi dan misi masing-masing paslon capres-cawapres.
 
"Salah satu yang dievaluasi adalah terkait dengan waktu. Dimungkinkan durasi dalam setiap sesi akan kita perbarui sesuai dengan kebutuhan," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Kendati demikian, Wahyu belum mengungkap berapa penambahan durasi tersebut. KPU akan menyampaikan secara resmi paling lambat akhir pekan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Prinsip-prinsip dasar sudah disepakati dalam forum rapat. Sehingga KPU sekarang memantapkan konsep itu akhir pekan ini, kita akan mengadakan rapat dan diberitahukan ke publik," ucap Wahyu.
 
Wahyu mengatakan, internal KPU telah belajar dari debat pertama. Format dan mekanisme debat berikutnya akan dikondisikan agar masing-masing capres-cawapres lebih nyaman untuk menyampaikan programnya secara mendalam.
 
Selain itu, perubahan mekanisme ini telah mendapat persetujuan dari masing-masing Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
"Itu hasil rapat evaluasi dengan pihak eksternal yang ada, TV penyelenggara, TKN, BPN, dan pihak-pihak lain yang terkait," pungkas Wahyu.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif