Ketua Dewan Ikatan Dai Aceh (IDA) Tengku Marsyuddin Ishak. Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar,
Ketua Dewan Ikatan Dai Aceh (IDA) Tengku Marsyuddin Ishak. Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar,

Tes Baca Alquran untuk Pererat Ukhuwah Islam

Pemilu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 15 Januari 2019 05:05
Jakarta: Ketua Dewan Ikatan Dai Aceh (IDA) Tengku Marsyuddin Ishak menilai terseretnya agama dalam babak baru perebutan kekuasaan telah membuat umat terpecah belah.
 
Hal ini tentu harus pertanggungjawabkan. Salah satu ide yang muncul yakni dengan memasukkan membaca Al-quran sebagai salah satu tes yang perlu dilakukan oleh para calon presiden-wakil presiden.
 
"Karena itu semua, maka muncul ayok kita tes uji baca Alquran saja, mampu apa enggak," kata Ishak di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski tidak masuk syarat resmi, ia memandang hal ini sebagai solusi. Terutama untuk meredam politik identitas dan penggunaan agama sebagai komoditas politik praktis.
 
Ide Ishak memunculkan tes baca Alquran, karena hal tersebut merupakan tradisi masyarakat di Aceh. Selain itu, ia berpikir bahwa masyarakat muslim Indonesia tentu ingin tahu kapasitas calon pemimpin mereka terutama dari segi keagamaan.
 
"Pasti mau memiliki pemimpin bisa baca Alquran. Walaupun bukan syarat kemampuan baca Alquran penting," sebut dia.
 
Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin sepakat dengan pandangan Ishak. Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf, Zuhairi Misrawi bilang pihaknya akan memenuhi undangan tes baca Alquran.
 
Pasangan Jokowi-Ma'ruf siap berkunjung ke Aceh untuk mengikuti tes tersebut. Pria yang akrab disapa Gus Mis ini menyebut kesanggupan itu sebagai bentuk penghormatan.
 
"Ini sebagai bagian upaya kami untuk menghormati kearifan lokal warga Aceh yang lazim bagi para calon pemimpin mereka baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota," ujar dia.
 
Lebih lanjut, Gus Mis membeberkan teknis baca Alquran yang disyaratkan IDA. Salah satunya yakni membaca Al Fatihah.
 
"Teman-teman dari Ikatan Dai Aceh mengatakan kalau tidak bisa baca Al Fatihah berarti tidak salat. Kemudian ada ujian baca surat-surat pendek biasanya itu Juz 30 atau dikenal dengan Juz ama," tandas dia.

 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi