Ketakutan Demokrat Diyakini Tak Terjadi di Kubu Petahana

Arga sumantri 15 November 2018 19:29 WIB
pilpres 2019
Ketakutan Demokrat Diyakini Tak Terjadi di Kubu Petahana
Politikus Perindo, Arya Sinulingga - Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Pandangan Partai Demokrat soal efek ekor jas (coattail effect) Pilpres 2019 diyakini tak berlaku di kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Partai politik pengusung petahana dipercaya bakal tetap kecipratan elektoral dengan mengampanyekan Jokowi-Ma'ruf.

"Kita yakin, Pak Jokowi naik, terbang, partai-partai koalisinya pun akan terbang," kata Politikus Perindo, Arya Sinulingga di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018. 


Arya meyakini Perindo tak akan mengalami apa yang ditakutkan Demokrat soal efek ekor jas, kendati tak memiliki kader langsung sebagai kandidat calon presiden atau wakil presiden. Sebab, Jokowi dianggap juga tak terlalu identik dengan PDI Perjuangan. 

"Jadi Pak Jokowi itu identiknya sama semua (partai) koalisi. Sementara Demokrat, merasa itu (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) cuma identik sama Partai Gerindra ya, mundurlah itu," ucap Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf itu. 

Arya mengklaim parpol pengusung petahana solid menghadapi Pilpres dan Pileg kali ini. Sebab, semua partai diberikan peran yang sama dalam proses kampanye. 

(Baca juga: Demokrat Belum Menangguk Untung dari Prabowo)

Arya mafhum, partai koalisi pengusung Jokowi di luar PDIP, belum menunjukkan tingkat keterpilihan yang baik versi hasil survei. Namun, Arya menyebut masa kampanye masih panjang, dan hasil survei sangat mungkin berubah. 

"Ini masih bulan kedua masih ada empat bulan lagi, tenang saja. Kami enggak khawatir, enggak kayak Demokrat," ketus dia. 

Politikus NasDem Usman Kansong meyakini Jokowi bisa mengerek elektabilitas parpol pengusung di luar PDIP. Menurut Usman, parpol pengusung juga memiliki pikiran yang sama untuk memprioritaskan Jokowi kembali memenangkan Pilpres. 

"Kita justru tidak ada artinya partai menang tapi presidennya kalah. Jadi presidennya duluan kita perjuangkan, partainya akan ikut, naik. Betul sekali kalau Anda bilang terbalik (dengan Demokrat)," ucap Usman, yang juga menjadi Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf. 

(Baca juga: Demokrat: Pileg First, Demokrat First)






(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id