Ilustrasi - Medcom.id
Ilustrasi - Medcom.id

Sikap Kenegarawanan Prabowo Ditunggu

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
23 April 2019 21:40
Jakarta: Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) menunggu sikap kenegarawanan dari calon presiden (capres) Prabowo Subianto untuk mempercayai hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pascapemilu Pospera berharap masyarakat tidak terus tersekat-sekat dengan perbedaan pilihan politik.
 
"Pilpres selesai, masyarakat tak lagi tersekat-sekat setelah hari pemungutan suara. Kami dari Pospera Indonesia menunggu pidato kekalahan Pak Prabowo dan Sandi (calon wakil presiden Sandiaga Uno). Itu baru gentleman," kata Ketua Umum Pospera, Mustar Bona Ventura, Selasa, 23 April 2019.
 
Ia berharap tidak ada lagi kelompok-kelompok yang terus membangun opini bahwa di Pemilu 2019 Prabowo-Sandi menang. Menurutnya, kubu Prabowo juga dapat lebih legawa jika memang hasil hitung cepat maupun rekapitulasi KPU memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mustar mengapresiasi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019 dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. Menurutnya, persentase pemilih pada pemilu tahun ini telah mencetak sejarah.
 
"Pemilu 2019 keterlibatan dan partisipasi rakyat begitu tinggi. Itulah people power yang sebenarnya. Dan saya harap Pak Prabowo legowo dengan pilihan rakyat Indonesia kepada Jokowi," ucap Mustar.
 
Baca: Wapres Minta DPR Kaji Ulang Pemilu Serentak
 
Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan usai pemilu, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin disebut unggul dari pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Jokowi-Amin memperoleh rata-rata 54 persen suara.
 
Kubu Prabowo enggan mengakui hasil hitung cepat yang disiarkan sejumlah media nasional. Prabowo mengklaim sebagai pemenang Pilpres 2019 berdasarkan penghitungan internal jajarannya. Relawan pun diminta mengawal suara di daerah.
 
Angka yang ditampilkan dalam hitung cepat sejatinya tak beda jauh dengan sistem informasi hasil hitung suara (situng) KPU. Per siang ini, Jokowi meraih 55,12 persen suara, sedangkan Prabowo 44,88 persen.

 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif