Capres Prabowo menyapa pendukungnya di Boyolali, 30 Oktober 2018, MI - Widjajadi
Capres Prabowo menyapa pendukungnya di Boyolali, 30 Oktober 2018, MI - Widjajadi

Prabowo Diminta Meneladani Sikap Kesatria Minahasa

Pemilu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 25 Mei 2019 22:28
Jakarta: Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai perlu meneladani sikap kesatria leluhurnya, orang Mianahasa. Semangat juang Prabowo harus diimbangi sikap tersebut, terutama dalam menyikapi pemilihan presiden.
 
"Jika Prabowo mewarisi darah Minahasa dan paham tentang tradisi demokrasi, tentu dia tidak menolak hasil Pilpres 2019," ujar Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi, Michael Umbas di Jakarta, Sabtu, 25 Mei 2019.
 
Menurutnya, Tou Minahasa atau orang Minahasa memiliki jiwa kesatria. Mereka terkenal berani, penuh semangat juang, dan kebijaksanaan. Adapun Prabowo masih berdarah Minahasa melalui garis ibunya, Dora Sigar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harusnya, kata Umbas, Prabowo meniru sikap kesatria tersebut. Sebab saat ini, mantan Danjen Kopassus itu telah tercatat sebagai calon pemimpin yang kalah berkali-kali, dan selalu menolak menerima hasilnya.
 
Lebih lanjut Umbas memerinci tradisi demokrasi di Minahasa yang penuh sportivitas. Dalam pemilihan kepala desa, ajang kekuatan pengaruh, program dan gagasan menjadi budaya di sana.
 
"Alhasil, masyarakat diajak memilih dengan gembira, menikmati dan mensyukuri demokrasi tanpa konflik antar sesama pendukung calon. Akur, damai tetap bersatu," kata dia.
 
Pihak yang kalah dalam pilkades, kata dia, wajib menerima secara ksatria, apapun keputusan masyarakat desa. Meski perbedaan hanya satu suara. Sebab prinsip dasar demokrasi langsung yaitu pemenang mendapatkan suara terbanyak.
 
Atas budaya di tanah leluhur Prabowo tersebut, mantan Danjen Kopassus itu diminta berkaca. Paling tidak sikap kesatria itu menjadi perwujudan dari kebanggaan Prabowo sebagai putra Minahasa.
 
"Meski begitu, kita tetap hormati langkah Prabowo menggugat hasil Pilpres di Mahkamah Konstitusi," ujar Umbas.
 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif