Debat Pilpres 2019 mempertemukan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: MI/Ramdani.
Debat Pilpres 2019 mempertemukan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: MI/Ramdani.

Kubu Paslon 02 Ribet Soal Moderator

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
23 Januari 2019 08:49
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno tidak kompak dalam menyikapi usul nama Najwa Shibab untuk menjadi moderator dalam debat calon presiden pada 17 Februari mendatang.
 
Juru bicara BPN Andre Rosiade menilai sosok Najwa memiliki rekam jejak keberpihakan terhadap salah satu pasangan calon.
 
"Kami mengingatkan KPU untuk tidak menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar. Moderator seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014," kata Andre dikutip dari Media Indonesia, Rabu, 23 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Gerinda itu juga meminta KPU mencari figur lain yang dinilai lebih netral untuk ditunjuk menjadi moderator pada debat kedua nanti.
 
Namun, hal berbeda disampaikan Direktur Materi Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said. Dia tidak mempermasalaahkan jika jurnalis senior Najwa Shihab ditunjuk KPU sebagai moderator.
 
"Kami sudah sepakat siapa pun yang ditunjuk, itu tidak kita persoalkan. Saya percaya siapa pun dia, termasuk Mbak Najwa, mampu profesional menjalankan tugas," kata Sudirman.
 
Baca: Visi Misi tak Cukup Digambarkan Lewat Debat Capres
 
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berbeda lagi pandangannya.
 
Dia menyarankan KPU mencari moderator debat capres-cawapres selanjutnya dari kalangan akademisi. Dia menilai presenter Najwa Shihab dan Tommy Tjokro kurang independen.
 
"Cari itu akademisi, di perguruan tinggi, banyak yang pintar-pintar," tandasnya.
 
Diketahui bahwa nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro masuk sebagai calon moderator debat kedua Pilpres 2019. KPU mengatakan nama tersebut diusulkan pihak televisi.
 
Debat kedua pilpres akan digelar di Hotel Hilton, Jakarta, pada Minggu 17 Februari 2019. Tema yang diangkat ialah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi