Ketua KPU RI Arief Budiman. MI/Rommy Pujianto.
Ketua KPU RI Arief Budiman. MI/Rommy Pujianto.

KPU Tak Larang Deklarasi Kemenangan

Pemilu pilpres 2019
Kautsar Widya Prabowo • 20 April 2019 17:53
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak melarang pasangan calon presiden dan wakil presiden mendeklarasikan kemenangan dalam Pilpres 2019. Deklarasi itu merupakan bagian dari kebebasan berpendapat.
 
Namun, Ketua KPU Arief Budiman menilai alangkah elok jika peserta pemilu menunggu hasil resmi. Karena, penghitungan masih berlangsung hingga saat ini.
 
"Khusus terkait dengan hasil pemilu (secara resmi) kan prosesnya sudah diatur dalam undang-undang," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam Pasal 41 ayat (3) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu berbunyi, proses rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan oleh KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang diputuskan dalam rapat pleno tertutup.
 
Arief meminta seluruh pihak sabar menunggu hingga waktu pengumuman pada 22 Mei 2019. Saat ini, kata dia, KPU sedang merekapitulasi suara di tingkat kecamatan.
 
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan ikut mengimbau peserta sabar menunggu pengumuman. Abhan meminta para peserta mengawasi jalannya rekapitulasi dari tingkat bawah.
 
"Awasi betul, jangan sampai kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan misalnya ada data salah, kemudian tanpa terkoreksi," tegas Abhan.
 
Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendeklarasikan kemenangan versi hitung cepat di Pilpres 2019. Deklarasi dilakukan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jenderal Purn Moeldoko.
 
Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno telah tiga kali mendeklarasikan kemenangan. Prabowo mengaku memperoleh 62 persen suara. Angka itu didapat dari dokumen C1 plano yang dikumpul para saksi partai koalisi Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga di lapangan.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif