Komisioner KPU Viryan Aziz. (Foto: Metro TV)
Komisioner KPU Viryan Aziz. (Foto: Metro TV)

Parpol Diberi Keleluasaan Mengecek DPT

Pemilu kpu pemilu serentak 2019
14 Desember 2018 10:21
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilakan partai politik mengecek data daftar pemilih tetap (DPT) yang diduga 'siluman' atau ganda untuk dikonfirmasi. Pembukaan data pemilih hanya bisa dilakukan di kantor KPU pusat pada hari ini, Jumat, 14 Desember 2018.
 
"Pagi ini kami mempersilakan partai politik hadir untuk sama-sama melakukan pencermatan. Jadi ingin mengecek apa silakan," ujar Komisioner KPU Viryan Aziz dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 14 Desember 2018.
 
Viryan mengatakan parpol diberi keluasaan untuk mengecek apakah masih terdapat pemilih ganda atau pemilih 'siluman' yang sebelumnya diduga berjumlah 31 juta. KPU, kata Viryan, terbuka dan pihaknya telah menyiapkan seperangkat alat untuk melakukan pengecekan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Katakanlah berapa sih pemilih ganda yang tersisa, bisa juga dicek. Berapa yang sudah masuk, bisa terkonfirmasi. Kita siapkan alatnya yang terhubung langsung dengan proyektor sehingga semua bisa tahu," kata dia.
 
Selain mempersilakan parpol membuka data pemilih, KPU juga menjadwalkan rapat pleno penetapan DPT tahap dua hari ini. Hal ini menyusul telah diselesaikannya data terakhir dari Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Viryan memastikan seluruh data pemilih telah rampung.
 
"Data dari Kabupaten Manggarai sudah rampung kemarin sore dan hari ini pleno. Jadi dari 514 kabupaten di Indonesia 513 sudah selesai karena menunggu Kabupaten Manggarai. Kabupaten Manggarai selesai, seluruh datasudah bisa kita rampungkan," pungkasnya.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif