Ketua AAB, Damai Hari Lubis. Medcom.id/ Faisal Abdalla
Ketua AAB, Damai Hari Lubis. Medcom.id/ Faisal Abdalla

Menag Dilaporkan ke Bawaslu

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 15 Januari 2019 03:47
Jakarta: Aliansi Anak Bangsa (AAB) melaporkan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lukman dituding melakukan kampanye terselubung karena mengacungkan satu jari.
 
"Ada wajah mirip pejabat tinggi negara dan pejabat tinggi daerah yaitu Menteri Agama Lukman Hakim dan Dahlan Nasution sebagai bupati Mandailing Natal, itu kita laporkan," kata Ketua AAB, Damai Hari Lubis di Gedung Bawaslu, Senin, 14 Januari 2019.
 
Damai mengatakan kejadian itu terjadi pada 18 Desember 2018 saat Menag Lukman dan Bupati Dahlan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Saat itu, Bupati Dahlan ingin mengundang Presiden untuk menghadiri acara Tabligh Akbar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun begitu, Damai mengaku tidak mengetahui apakah gestur Menag Lukman dan Bupati termasuk pelanggaran kampanye atau tidak.
 
"Benar atau tidaknya temuain ini kami laporkan iti tersebah Bawaslu tapi kami lihat wajahnya mirip Menteri Agama," tutur dia.
 
Dia berharap Bawaslu dapat menindaklanjuti laporan ini jika memang perbuatan itu masuk kategori pelanggaran, "dan tidak dipaksakan untuk berlanjut apa bila tidak terbukti," tandasnya.
 
Damai menuding perbuatan Menag Lukman dan Bupati Dahlan melanggar ketentuan pasal 547 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Damai membawa sejumlah barang bukti berupa berita dari media online lokal. Laporan ini tergister dengan nomor 03/LP/PP/RI/00.00/I/2019.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi