Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Foto: Antara/Aprilio Akbar.
Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Foto: Antara/Aprilio Akbar.

Ma'ruf Ungkap Cara Ampuh Berantas Terorisme

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah, Nur Azizah, Faisal Abdalla • 17 Januari 2019 21:38
Jakarta: Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma`ruf Amin mengungkap cara ampuh memberantas terorisme. Deradikalisasi dan merangkul organisasi masyarakat diyakini dapat menangkal paham radikal.
 
Ma`ruf mengungkapkan, terorisme adalah kejahatan yang harus diberantas dari akarnya. MUI, kata Ma`ruf telah mengeluarkan fatwa bahwa terorisme bukan jihad dan haram dilakukan.
 
"Terorisme dianggap melakukan kerusakan, Alquran jelas menyatakan bahwa orang yang melakukan kerusakan di bumi harus dihukum dengan berat," kata Ma'ruf saat debat kandidat pasangan calon presiden di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkapkan, penanggulangan terorisme harus dilakukan dengan dua cara. Pertama, menyinergikan pencegahan dan penindakan. "Kami mengutamakan pencegahan dengan deradikalisasi untuk mengembalikan mereka yang sudah terpapar," kata Ma'ruf.
 
Baca: KPU Sebut Format Debat Pilpres Lebih Interaktif
 
Kedua, kata Ma'ruf, melakukan pendekatan humanis dan manusiawi tanpa melanggar HAM. Menurut Ma`ruf harus diketahui apa penyebab seseorang menjadi radikal.
 
"Harus dicari penyebabnya, kalau karena paham agama yang menyimpang, maka harus kita luruskan pemahanam agamanya. Kalau karena faktor ekonomi sosial, maka pendekatannya melalui pemberian lapangan kerja untuk mengembalikan mereka ke jalan yang lurus," ujarnya.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif