Jokowi Minta Hasil Survei Jadi Evaluasi
Presiden Joko Widodo di Rakernas TKN KIN - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Surabaya: Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo tak ingin tim kampanye dan relawan terlena dengan hasil positif yang dirilis berbagai survei. Jokowi meminta hasil survei sebaiknya jadi evaluasi diri. 

"Bahwa survei harus menjadi evaluasi, mana yang perlu diperbaiki," kata Jokowi di Hotel Empire Palace, Surabaya, Minggu, 28 Oktober 2018. 


Tim kampanye harusnya melihat survei sebagai koreksi diri meskipun hasilnya cenderung positif. Tim harus bisa melihat kekurangan dari pasangan nomor urut 01 dan memperbaikinya. 

Hasil survei tak boleh membuat tim kampanye berbesar hati dan lupa diri. Karena hasil tersebut belum tentu sesuai dengan hasil akhir. 

"Saya sampaikan semuanya harus tetap bekerja," tegas Jokowi. 

Kemarin, Ketua Dewan Pengarah TKN-KIK Jusuf Kalla meminta tim kampanye tak terlena. JK meminta tim kampanye tak kelewat optimistis melihat hasil survei.

JK mencontohkan Inggris yang memutuskan keluar dari Uni Eropa. Padahal, dalam setiap survei yang dilakukan, 90 persen masyarakat Inggris ingin bertahan sebagai bagian dari Uni Eropa. 

(Baca juga: TKN Diminta Tak Lengah Karena Hasil Survei)

Tapi, saat pemungutan suara hasilnya berbeda. Peristiwa yang sohor dengan nama British Exit pun terjadi. 

"Kenapa? Karena terlalu optimistis. Karena sudah kira menang, tidak ke tempat pemungutan suara," jelas Kalla. 

Anomali serupa ini juga terjadi di Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016 yang diperebutkan Hillary Clinton dan Donald Trump. Hillary selalu jadi favorit dalam setiap survei yang digelar. 

Tapi Trump tetap jadi pemenang. Salah satu isu yang diangkat Trump adalah kejayaan Amerika Serikat. Kampanye itu bisa meyakinkan pemilih di Amerika Serikat. 

Selain itu, pendukung Hillary kelewat percaya diri dengan hasil survei. "Kedua karena 90 persen mengatakan Hillary menang jadi ogah-ogahan ke TPS. Itu fenomena 2016," jelas dia.
 



(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id