Ketua Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif, Veri Junaidi. Medcom.id/ Bryant Gozali
Ketua Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif, Veri Junaidi. Medcom.id/ Bryant Gozali

Dua Fokus Isu Capres dalam Debat

Pemilu pilpres 2019
06 Januari 2019 19:25
Jakarta: Ketua Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif, Veri Junaidi meramal debat calon presiden tahun 2019 akan jauh lebih seru daripada debat serupa yang diadakan pada tahun 2014.
 
Hal tersebut disampaikan Veri dalam sesi diskusi catatan awal tahun 2019 oleh KoDe Inisiatif. Veri mengatakan para calon akan menyiapkan jawaban terkait pernyataan dan pertanyaan yang dilontarkan masing-masing kubu.
 
"Ia (calon) hanya akan mengatakan jawaban sendiri, tetapi ia (calon) juga bisa mengantisipasi kira-kira apa jawaban lawan," ujar Veri di Kantor Kode Inisiatif, Jalan Tebet Timur Dalam, Jakarta Selatan, Minggu, 6 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Veri menilai ada dua fokus isu yang akan menjadi senjata saling serang antarkubu yakni bidang pendidikan dan perekonomian. Sementara isu mengenai hukum demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) akan menjadi isu yang minim dibahas.
 
“Kita bisa melihat keduanya lebih perhatian dengan isu perekonomian dan isu pendidikan. Soal isu hukum, demokrasi dan lainya menjadi isu yang sangat minim dengan dua calon presiden ini, ” tutur Veri.
 
Veri menjelaskan dalam membongkar visi-misi kedua pasangan calon, pihaknya menggunakan 10 indikator berdasarkan konstitusi. Selain isu pendidikan dan perekonomian yang menjadi isu tertinggi, KoDe akan mengupas mengenai isu kesejahteraan rakyat, HAM, pertahanan dan keamanan, penegakan hukum, pemerintahan, pemerintahan daerah, keuangan terakhir ada pemilu dan demokrasi para calon.
 
“Prinsipnya itu dimunculkan isu-isu yang lain buat ruang publik dengan yang positif,” jelas Veri.(Bryant Gozali)
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif