Maruf Ajak Santri Jadi Gus Iwan
Kiai Ma'ruf Amin. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin mengajak para santri agar bisa menjadi Gus Iwan. Gus Iwan merupakan akronim dari Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan yang bertujuan memberdayakan para santri.
 
Hal ini disampaikan Ma'ruf usai menggelar pertemuan dengan Forum Santri Indonesia (FSI) di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat. Dirinya berharap dengan lahirnya Gus Iwan baru akan membantu perekonomian nasional.
 
"Saya ingin mendorong lahirnya Gus Iwan-Gus Iwan ini supaya ikut memakmurkan bangsa dan negara," kata Ma'ruf, Sabtu 8 Desember 2018.

Baca: Jokowi Mencintai Kiai dan Santri


Usai menimba ilmu agama di pesantren, para santri akan dibekali keterampilan untuk menggerakan usaha kecil dan menengah (UKM). Mereka juga bisa bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan usahanya.
 
"Jadi seperti ada kerja sama dengan koperasi, kerja sama dengan pengusaha besar, melakukan usaha bersama kemitraan, memberdayakan masyarakat kecil. Itu sudah mulai dikembangkan," jelas dia.

 

Ma'ruf menambahkan, Gus Iwan juga didorong untuk mengembangkan kerja sama antara pesantren dengan masyarakat sekitar. Salah satu yang sudah dilakukan adalah kerja sama untuk bidang peternakan sapi dan  pertanian jagung.
 
"Ini kan saling membutuhkan. Sapi kan butuh batang jagung, daun jagung jadi sapi jadi gemuk. Kemudian jagung kan butuh sapi melalui kotorannya untuk dijadikan pupuk, jagung jadi gemuk. Ini kita kembangkan di pesantren-pesantren," pungkasnya.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id