Jokowi App Penangkal Hoaks
Peluncuran Jokowi App di ajang #01Fest di Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta:Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin meluncurkan aplikasi android 'Jokowi App'. Aplikasi ini dikembangkan untuk menangkal serangan berita bohong atau hoaks terhadap calon presiden petahana dan pasangannya.

"Target yang ingin dicapai dari peluncuran Jokowi App adalah menangkal semua isu-isu soal hoaks, terutama yang dialamatkan kepada Jokowi," kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, saat dihubungi, Minggu, 18 November 2018. 


Menurut dia, aplikasi digital ini dibentuk agar pemahaman dan pengetahuan soal Jokowi bisa didapat dengan mudah oleh masyarakat. Aplikasi berisikan gambaran tentang Jokowi, visi misinya, serta capaiannya selama memimpin pemerintah.

"Masyarakat bisa berinteraksi dengan Pak Jokowi dalam konteks memberikan masukan, terlibat langsung dalam satu kegiatan," ucap Politikus PKB itu. 

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir mengatakan selain untuk menangkal hoaks, Jokowi App juga memuat seluruh kegiatan kampanye nasional Jokowi-Maruf. Petahana sengaja mendesain aplikasi ini guna lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Kalau mau tahu apakah berita terkait Jokowi bohong atau tidak, bisa dilihat langsung Jokowi App," kata Erick, Sabtu, 17 November 2018. 

Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong, menjelaskan Jokowi App terdiri dari enam kanal. Kanal itu adalah Lebih Dekat Jokowi, Kerja Jokowi, Lebih Dekat KH Maruf Amin, Indonesia Maju, Sudut Pandang, dan Suaraku. 

Nantinya, aplikasi ini juga akan dibekali permainan yang menyediakan poin dan bisa ditukar dengan suvenir. "Semua ini untuk mendekatkan masyarakat kepada Jokowi-KH Maruf Amin," kata Usman.

Saat ini Jokowi App baru bisa diunduh di Play Store (Android). Namun, Jokowi App juga sudah didaftarkan ke Apple Store (iOS). "Jadi tinggal menunggu waktu saja untuk bisa diunduh di Apple Store." 

Selain Jokowi App, diluncurkan pula  situs 01jokowiamin.id. Situs ini bisa digunakan masyarakat untuk menyalurkan donasi bagi pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf, Sakti Wahyu Trenggono, menjelaskan mekanisme aplikasi situs donasi ini sudah terintegrasi dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang dana kampanye. Aplikasi membatasi secara otomatis jumlah sumbangan sesuai aturan yang ada.

Baca:TKN Jokowi-Ma'ruf Meluncurkan Merchandise untuk Milenial

"Jadi misalnya perorangan mau nyumbang, aplikasi web ini membatasi sampai maksimal Rp2,5 miliar sesuai aturan KPU," jelas Trenggono.

Trenggono menjelaskan, donasi masyarakat lewat aplikasi situs ini juga bisa dilihat secara realtime. Semua dilakukan demi transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dana kampanye Jokowi-Ma'ruf.

"Misalnya kita mau nyumbang Rp10 ribu, cuma butuh waktu sebentar untuk melihat sumbangan kita sudah masuk," kata Trenggono.

Setelah masyarakat berhasil menyumbang dana kampanye lewat aplikasi situs 01jokowiamin.id, pada akhir proses akan ada ucapan terima kasih khusus dari Jokowi. Ucapan itu disampaikan lewat video kepada donatur.





(OGI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id