Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dipijat pasangan cawapresnya Sandiaga Uno saat jeda debat Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dipijat pasangan cawapresnya Sandiaga Uno saat jeda debat Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.

Prabowo Dinilai Inkosisten dalam Debat

Pemilu debat capres pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Arga sumantri • 18 Januari 2019 23:05
Jakarta: Solidaritas Ulama Muda Joko Widodo (Samawi) menilai calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto inkonsisten di debat perdana. Gagasan Prabowo minim data dan fakta.
 
"Misalnya statement yang menyatakan bahwa Jawa Tengah lebih besar dari Malaysia, ini kan fatal," kata Juru Bicara Samawi Zulkarnain di Jakarta, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Zulkarnain melihat Prabowo tidak siap menghadapi debat. Prabowo dan pasangannya, Sandiaga Uno, lebih banyak menunjukkan gimik dalam debat publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya kita bisa lihat ketika Prabowo masih belum diberi kesempatan menjawab, dirinya langsung tampak emosional dan langsung menjawab pertanyaan, padahal Pak Jokowi belum selesai memaparkan pertanyaan yang ada," ujarnya.
 
Prabowo juga dianggap tidak bisa memberikan substansi dari tema yang diperdebatkan. Misalnya, soal korupsi. Prabowo justru ingin mengatasi korupsi dengan menaikan gaji birokrat. Menurutnya, pejabat dengan gaji selangit justru banyak yang kena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
"Jawaban ini saya kira bukan hal yang substanstif. Karena persoalan korupsi adalah persoalan mental," ungkapnya.
 
Sejumlah gagasan yang disampaikan Prabowo, kata dia, minim solusi dan tak ada program yang terintegrasi. Makanya, ia meyakini masyarakat bisa menentukan bagaimana kualitas dari kedua pasangan capres-cawapres dari debat yang sudah berlangsung.
 
"Debat capres ini menunjukkan, bahwa Pak Prabowo memang bukan kualitas kaliber pemimpin negara," tutupnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif