Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: MI/Pius Erlangga
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: MI/Pius Erlangga

Mendagri Mengakui Ada Aparat Desa 'Bermain' di Pilpres

Pemilu pilpres 2019
Kautsar Widya Prabowo • 11 Juni 2019 13:47
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengakui beberapa aparatur desa telah disusupi oleh gerakan-gerakan politik tertentu pada pilpres lalu. Sebabnya, aparatur desa dipercaya memiliki peran penting dalam menggerakkan suara masyarakat.
 
"Kami sayangkan. Harusnya organisasi kepala desa, organisasi mantan kepala desa, organisasi perangkat desa, jangan digerakkan oleh elemen-elemen politik," ujar Tjahjo di Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa dan Ditjen Dukcapil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Juni 2019.
 
Tjahjo menilai seharusnya perangkat desa mampu bersikap netral untuk menjaga kebersamaan, menjaga persatuan, dan kesatuan. Terlebih Presiden Joko Widodo telah memenuhi tuntutan kebutuhan perangkat desa dalam menunjang kinerjanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penerimaanya setingkat dengan golongan II, termasuk gaji THR, gaji ke-14 juga, dan tunjangan-tunjangan lainya sudah dipenuhi oleh Bapak Presiden, " tuturnya.
 
Baca juga:Kubu Prabowo Permasalahkan Jabatan Ma'ruf Amin
 
Atas temuan tersebut, pihaknya telah mengumpulkan kepala-kepala desa untuk diingatkan tidak terlalu jauh melibatkan diri dalam pusaran politik. Alih-alih fokus secara maskimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Mengingatkan kembali fungsi anda dipilih oleh rakyat secara keseluruhan sama dengan presiden," tuturnya.
 
Ia menambahkan aparatur negara boleh memliki sikap politik, namun tidak dengan bergabung dalam organisasi yang berafiliasi dengan partai politk. "Boleh berempati, berpartisipasi, menjadi bagian, tapi kalau sebagai kepala desa kalau bisa organisasinya satu, itu yang kami harapkan," pungkasnya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif