Ketua MK Anwar Usman--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Ketua MK Anwar Usman--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Independensi Hakim

Pemilu pilpres 2019
Media Indonesia • 23 Mei 2019 15:34
Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memastikan independensi dari hakim yang akan menangani sengketa pada Pemilu 2019. Anwar juga memastikan pihaknya tidak akan terganggu dengan kondisi di luar persidangan.
 
"Yang jelas independensi itu dijamin 100%. Dari 9 hakim tersebut semuanya independensinya bisa dijamin," kata Anwar, ketika ditemui di Gedung MK, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Anwar menegaskan pihak yang ingin bersengketa tinggal mengajukan bukti yang memperkuat permohonan. Setelah itu, menyerahkan semuanya kepada MK untuk memeriksa bukti tersebut apakah relevan dengan permohonan atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat saja nanti bukti apa pun yang diajukan, kami akan menerima dan kami akan memeriksa semua bukti yang ada satu per satu akan diteliti," kata Anwar.
 
Baca: Kubu Prabowo Batal Menggugat ke MK Hari Ini
 
Anwar mengatakan pihaknya telah siap menggelar sengketa Pemilu. Ia juga mengatakan akan memproses setiap permohonan yang diajukan ke MK.
 
"MK sudah siap full team dan siap 100% sampai detik-detik terakhir ini. Jadi kami siap untuk itu mau berapa pun permohonan yang masuk," kata Anwar. (MI/Rahmatul Fajri).
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif