Pengamat politik Ray Rangkuti. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Pengamat politik Ray Rangkuti. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Tim Pencari Fakta Dinilai Perlu untuk Evaluasi Pemilu

Pemilu pemilu serentak 2019
Sonya Michaella • 11 Mei 2019 14:21
Jakarta: Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai pemerintah perlu membentuk tim pencari fakta. Ini dinilai jadi solusi pembenahan dan evaluasi pasca-penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.
 
“Pencari fakta ini bisa dibentuk untuk menyelesaikan masalah yang ada di Pemilu 2019. Jadi untuk menguatkan demokrasi, bukan untuk mencari siapa yang menang dan kalah,” kata Ray, di Jakarta, Sabtu 11 Mei 2019.
 
Ray mengatakan, penyelenggaraan pemilu tahun ini berlangsung amat tegang. Tak hanya untuk paslon, namun juga untuk parpol, pendukungnya, serta warganet di dunia maya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika memang nanti akan ada tim pencari fakta, ya tim ini digunakan untuk demokrasi, bukan menarik keuntungan politik,” ungkap Ray.
 
Baca juga:Kerangka Hukum Pemilu Serentak Diminta Dibenahi
 
Menurut dia, kondisi pascapilpres kini pun amat mengkhawatirkan, terutama dari pihak yang merasa kalah. Situasi tambah runyam ketika hoaks bertebaran di media sosial.
 
“Dikit-dikit pasal makar, dikit-dikit makar. Ya menurut saya, kalau menang ya pasti percaya diri. Memang tidak heran bahwa apa pun hasil pemilu pasti ada yang protes,” tuturnya.
 
Ia menambahkan, pihak-pihak yang terlibat dalam pemilu serentak 2019 kali ini seharusnya mengesampingkan kepentingan pribadi dan kepentingan sesaat untuk kepentingan sesama dan untuk negara.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif