Etika Harus Dikedepankan dalam Berpolitik

Achmad Zulfikar Fazli 05 November 2018 15:12 WIB
pemilu serentak 2019
Etika Harus Dikedepankan dalam Berpolitik
Petugas menurunkan plakat burung garuda dari KRI Teluk Ende yang sandar di Pelabuhan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur. Foto: MI/Palce Amalo.
Jakarta:Semua pihak diminta mengedepankan norma dan etika bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kebinekaan dalam berpolitik. Persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga meskipun berbeda pilihan politk.

"Menolak upaya-upaya adu domba dalam bentuk apa pun, terutama terkait berita-berita bohong (hoaks) yang sudah sangat memprihatinkan bagi kehidupan sosial bangsa ini," kata Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) Japto Soelistyo Soerjosoemarno usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 5 November 2018


Japto meminta aparat bertindak cepat, tegas, dan transparan dalam menangkal upaya memecah belah bangsa. Aparat juga harus menyeret para pelaku ke ranah hukum dengan menegakkan peraturan seadil-adilnya.

"Mengimbau pemerintah untuk tegas menegakkan aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan hukum yang telah diputuskan, agar tercipta stabilitas politik dan sosial bagi masyarakat. Agar pelaksanaan pileg dan pilpres menghasilkan semangat kebangsaan dan kebersamaan dan kebinekaan yang hakiki," tutur dia.

Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu juga diminta menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam Pemilu 2019. Penyelenggara dan pengawas pemilu harus bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Penyelenggara pemilu dan aparat terkait juga harus memberikan sosialisasi yang intensif ke masyarakat. Dengan begitu, mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar. 

"Pemuda Pancasila menegaskan bahwa hak-hak konstitusional masyarakat harus dijaga untuk memberikan keleluasan dalam menentukan hak pilihnya. Tanpa intimidasi dan pemaksaan kehendak yang dapat menimbulkan gejolak sosial di tengah masyarakat," ujar dia.

Japto menegaskan PP siap mengawal pesta demokrasi agar berlangsung secara jujur, aman, dan damai demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. PP juga siap bekerja sama dengan seluruh aparat dan elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan hal ini.

Baca:#iRide4peace untuk Pemilu Damai

"Meminta seluruh pihak yang berkepentingan dalam kontestasi Pemilu 2019 agar dapat menghentikan semua upaya-upaya yang dapat memecah belah bangsa. Karena masa depan bangsa ini ikut ditentukan oleh apa yang dilakukan pada masa-masa konsolidasi demokrasi seperti saat ini," kata dia.





(OGI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id