Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

DPR Periode Baru Diminta Segera Revisi UU Pemilu

Pemilu pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 26 April 2019 05:00
Jakarta: Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali setuju perlu ada revisi Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. Hal itu menyikapi beberapa kejadian dan kekurangan selama perhelatan pemilu serentak 2019.
 
"UU Nomor 7 tahun 2017, kita melihat banyak hal yang masih harus diperbaiki. Dan ini pengalaman pertama buat kita sebagai bangsa Indonesia untuk melaksanakan pemilu bersamaan antara pilpres dan pileg," kata Amali di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 25 April 2019.
 
Amali menilai wajar perhelatan pemilu 2019 ini masih banyak kekurangan di sana-sini. Salah satu faktornya disinyalir karena mepetnya pengesahan UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017 dan lamanya masa kampanye Pilpres 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Golkar itu menyarankan DPR periode baru segera membahas revisi UU Pemilu secepatnya. Dengan batasan waktu 24 bulan sebelum proses tahapan Pemilu 2024.
 
"Saya setuju setelah terbentuknya pemerintahan baru, DPR yang baru segera maju dengan revisi UU nomor 7 2017. Banyak hal yg tidak diperhitungkan pada saat merumuskan UU nomor 7 itu," jelas Amali.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD pun mengatakan pelaksanaan pemilu serentak perlu dievaluasi. Pasalnya ada kelemahan dalam aturan dan sistem pemilu yang ada saat ini.
 
"Harus ditinjau lagi yang dimaksud pemilu serentak itu apa sih? Apakah harus harinya sama? Atau petugas lapangan harus sama? Atau bagaimana? Itu kita harus evaluasi lagi," kata Mahfud di Gedung KPU, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Mahfud mendukung pemilu serentak dievaluasi mengingat banyaknya petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang gugur saat bertugas. Selain menyoal keserentakan, Mahfud bahkan menilai sistem pemilu itu sendiri juga perlu evaluasi.

 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif