Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti

Muhammadiyah Nyatakan Netral di Pilpres

Pemilu muhammadiyah pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 12 Februari 2019 01:46
Jakarta: Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menegaskan pihaknya tidak akan bermain api di politik praktis dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2019.
 
Hal ini juga menindaklanjuti pernyataaan Penasihat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Amien Rais sebelumnya yang menyerukan agar Muhammadiyah tidak mendukung salah satu calon
 
"Jadi itulah sikap Muhammadiyah. Karena kalau mendukung salah satu paslon, berarti kita berpolitik praktis," ucap Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abdul mengatakan selama ini Muhammadiyah tidak pernah memberikan dukungan kelembagaan kepada siapapun. Khususnya tokoh yang sedang bertanding dalam bursa capres.
 
"Jadi belum pernah terjadi, Muhammadiyah itu memberikan dukungan kelembagaan kepada siapapun, calon presiden yang berkontestasi di Indonesia. Tak pernah itu," ucap dia.
 
Dirinya menekankan, secara kelembagaan Muhammadiyah itu bersikap netral. Namun, semua anggota diminta ikut menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum (Pemilu), khususnya memilih calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).
 
"Warga perserikatan di Muhammadiyah diimbau tetap berpartisipasi aktif dalam proses politik yang ada. Itu yang kami serukan," tutur dia.
 
Abdul melanjutkan, dalam memilih, setiap warga peserikatan Muhammadiyah harus bersikap kritis dalam menggunakan hak politiknya. Selain itu, satu sama lain imbau agar menghargai perbedaan sikap politik masing-masing pribadi.
 
"Jadi gunakan hak politiknya dengan saling menghormati mereka yang berbeda pilihan. Saling menghormati bagaimana proses pemilu ini, agar berjalan dengan aman dan damai," tukas dia.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif