Kampanye TKN di Washington DC. Foto: Istimewa
Kampanye TKN di Washington DC. Foto: Istimewa

Christine Hakim Menangis Ceritakan Perpecahan di Indonesia

Pemilu pilpres 2019
Cindy • 13 Februari 2019 04:38
Washington: Aktris legendaris Christine Hakim bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin melakukan kampanye di Washington DC, Amerika Serikat. Dalam kesempatan itu ia menceritakan pengalaman pahit saat debat pemilihan presiden perdana.
 
"Saya merasakan sendiri bagaimana bahaya perpecahan yang menghantui negara kita," kata Christine sambil mengusap air matanya di Washington DC, Amerika Serikat, Selasa, 12 Februari 2019.
 
Ia bercerita saat debat perdana, dirinya melakukan salat berjamaah di Hotel Bidakara, lokasi debat kala itu. Christine bertemu pendukung pasangan calon 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dan menawarkan kurma kepada mereka untuk berbuka puasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat semua sedang lahap menyantap kurma, ada seorang yang menyeletuk, "Haram enggak ya makanan dari pasangan calon (paslon) 01?" kata Christine menirukan ucapan jemaah.
 
Sontak ia menegur jemaah tersebut agar tak membalik-balik makna haram dan halal. Namun Christine tak melanjutkan ceritanya, ia hanya menyebut hal itu sebagai bentuk perpecahan yang nyata.
 
"(Tapi) Saya sudah mengikhlaskan apa yang terjadi dan bersyukur pengalaman semacam ini dirasakan sendiri," ujar Christine.
 
Para konstituen diminta menjadikan ini sebagai pelajaran. Jangan sampai perbedaan jadi jurang pemisah antar saudara. Sebab hal ini terlalu mahal untuk pemilihan umum yang berlangsung lima tahun sekali.
 
"Jangankan sebangsa tanah air dan umat beragama, dalam keluarga saja bisa tidak rukun karena pilpres," tandasnya.
 
Dalam kampanye itu, Christine hadir bersama Wakil Direktur Penggalangan Pemilihan Perempuan TKN Lathifa Al Anshori. Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi memimpin rombongan tersebut. Pertemuan itu dihadiri ratusan orang Indonesia yang menetap di sekitar Washington DC, Virginia dan Maryland.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi