Bawaslu-KPU Rapat Bahas DPT
Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Mochammad Afifuddin. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta:Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi. Rapat terkait pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT).

"Iya, hari ini kita rapat koordinasi dengan KPU terkait DPT," kata Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin ketika dikonfirmasi, Selasa, 30 Oktober 2018.


Selain DPT, rapat koordinasi ini rencananya akan membahas pemilih berkebutuhan khusus (difabel) hingga pemilih di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Baca: Kubu Prabowo Minta KPU Tunda Pengumuman DPT

Sejumlah instansi kementerian terkait rencananya juga akan diundang seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. "Intinya mereka kita ajak koordinasi terkait pemilih-pemilih tadi," tutur Afif.

Sejauh ini KPU sudah dua kali menetapkan DPT. Penetapan pertama dilakukan pada 5 September 2018 sebanyak 185.732.093 pemilih. Lalu sesuai kesepakatan, dilakukan tahap penyempurnaan DPT selama 10 hari lantaran ada temuan dari berbagai pihak terkait DPT ganda.

Pada 16 September 2018, KPU kembali menetapkan DPT hasil perbaikan (DPTHP) sebanyak 185.084.629 pemilih. Saat ini, KPU masih melakukan penyempurnaan DPTHP tahap kedua yang rencananya ditetapkan pada 15 November 2018.
 



(YDH)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id