Kubu Petahana Bantah Terjebak Perang Diksi Oposan
Calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin - MI/Ramdani.
Jakarta: Kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin menepis anggapan terjebak perang diksi dalam kampanye Pilpres 2019. Sederet pernyataan Jokowi yang mencuri perhatian publik bagian upaya menjawab 'serangan membabi buta' oposan. 

Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong mengatakan salah satu risiko petahana adalah mendapat serangan atas kinerjanya selama ini. Namun, kata dia, pernyataan oposisi selama ini justru minim, atau boleh dibilang nihil data. 


"Yang tidak benar didiamkan maka akan jadi kebenaran, karena itu kemudian kita harus menjawabnya," kata Usman di Posko Cemara 19 Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018. 

Usman menyebut situasi ini pula yang membedakan pola kampanye Jokowi saat ini dengan Pilpres 2014. Pilpres sebelumnya Jokowi dan Prabowo sama-sama bukan petahana. Makanya, kampanye sama-sama lebih banyak menjual program. 

"Sekarang ada petahana, sehingga ada serangan kepada petahana, sayangnya serangan berupa tadi itu, yang tidak berdasarkan data, fakta," ujarnya.

(Baca juga: Arya: Kubu Jokowi-Ma'ruf Selalu Kampanye dengan Data)

Dia menambahkan Jokowi dan tim pemenangan selama ini terus menyampaikan capaian-capaian pemerintah. Mulai dari angka pengangguran menurun hingga distribusi penguasaan aset yang lebih baik selalu disampaikan. 

"Tapi sebelah sana (oposan) menggunakan hal yamg tidak benar, provokatif, kalau provokatif didiamkan tidak betul juga," ujarnya.

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga menilai diksi-diksi yang keluar dari Jokowi bukan dalam rangka menyerang kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Istilah seperti politikus sontoloyo atau politik genderuwo lebih kepada ungkapan Jokowi lantaran data dan fakta yang selama ini dipaparkan tidak diterima oleh oposisi. 

"Tapi yang diributkan malah istilah genderuwo. Tidak ditanya bagaimana bisa sampai muncul istilah genderuwo itu," ucap politikus Perindo itu. 






(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id