Ratusan masa aksi sujud di depan gedung Bawaslu RI dengan dikawal ketat aparat keamanan. Foto: Medcom/Kautsar Widya Prabowo
Ratusan masa aksi sujud di depan gedung Bawaslu RI dengan dikawal ketat aparat keamanan. Foto: Medcom/Kautsar Widya Prabowo

Aksi 22 Mei Dinilai Tak Berkaitan Gerakan Bela Islam

Pemilu Demo Massa Penolak Pemilu
Arga sumantri • 22 Mei 2019 14:26
Jakarta: Pengasuh Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Jawa Timur, Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah menyoroti aksi demonstrasi 22 Mei. Ia menilai aksi tersebut tak berkaitan gerakan bela Islam.
 
"Ini enggak ada kaitan dengan bela Islam. Peserta pemilu keduanya Islam," kata Gus Sholah, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Gus Sholah menegaskan aksi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tak ada hubungannya dengan agama. Aksi itu hanya bentuk ketidakpuaaan dengan hasil Pemilu 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kiai Ma'ruf Amin kurang Islam apa? Jadi enggak ada hubungan dengan agama," ungkapnya.
 
Gus Sholah meminta para tokoh agama, kiai, dan masyarakat mengambil peran. Ia menilai peran para pemuka agama dan masyarakat penting guna menurunkan suhu sosial-politik yang memanas. Para pemuka agama memiliki otoritas keagamaan dan legitimasi moral untuk meredam gejolak sosial-politik atas nama agama
 
“Untuk tokoh agama, kiai, dan santri, kita berusaha meredam, menenangkan masyarakat, agar tidak timbul banyak korban. Syukur bisa diatasi dan tidak sampai jauh,” ungkapnya.
 
Gus Sholah juga mengajak para cendekiawan memberikan sumbang saran dan bergerak cepat dalam mengatasi kericuhan demonstrasi di Bawaslu. Menurutnya, kalangan intelektual yang tersebar di kampus, pesantren, dan di lembaga penelitian, dapat berkontribusi dalam menyelesaikan kisruh pemilu 2019 ini.
 
"Kan banyak orang pandai di Indonesia, di kampus, dan lain-lain. Mungkin mereka bisa menjadi penengah. Tidak perlu banyak, mungkin 10 atau belasan orang cukup. Masalah ini harus ada yang menengahi," kata Gus Sholah.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif