Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Theofius Ifan Sucipto
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Theofius Ifan Sucipto

Luhut Anggap Biasa Gejolak Setelah Pemilu

Pemilu pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Mei 2019 05:20
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengajak publik tidak terlalu mengkhawatirkan situasi politik usai Pemilu 2019. Menurut Luhut, gejolak yang terjadi usai pemilu adalah hal biasa.
 
"Saya enggak melihat ada hal yang terlalu dikhawatirkan. Ini bagian dari proses demokrasi," kata Luhut di Akmani Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 20 Mei 2019.
 
Luhut menyebut kondisi saat ini ibarat turbulensi di pesawat terbang yang sulit dihindari. Namun, ia yakin turbulensi politik yang terjadi saat ini masih bisa dikontrol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luhut mengatakan rencana menyampaikan aspirasi dengan unjuk rasa tidak dilarang. Namun, ada batas-batas yang harus dihormati. "Boleh (demo) asal jangan sampai anarki," ujarnya.
 
Dia mengatakan, aparat sudah semakin tegas. Jika tindakan seseorang atau kelompok tertentu melanggar undang-undang, maka harus diambil langkah hukum.
 
Luhut juga menjelaskan terkait informasi ancaman kelompok teroris. Menurut dia, informasi mengenai teroris bukan untuk menakut-nakuti masyarakat. Pasalnya, sudah ada 29 teroris yang dibekuk Tim Detasemen Khusus (Densus) 88. Dari hasil investigasi, mereka mengaku bakal melakukan pengeboman pada pihak yang dianggap kafir.
 
"(Targetnya) tidak hanya kubu 01 (Joko Widodo-Ma'ruf Amin) tapi juga 02 (Prabowo- Subianto-Sandiaga Uno) termasuk aparat keamanan," imbuh dia.
 
Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah harus memberikan penjelasan mengenai situasi keamanan. Luhut menyebut pemerintah justru akan salah ketika tahu mengenai teroris yang akan beraksi namun tidak diinformasikan ke publik.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif