Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Medcom.id/Nur Azizah)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Medcom.id/Nur Azizah)

Ramadan, Momentum Rekonsiliasi Usai Pemilu

Pemilu berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Mei 2019 14:05
Jakarta: Pemilu 2019 sudah dua pekan berlalu. Namun, kebisingan pesta demokrasi masih terus menggema. Sejumlah elite politik masih sibuk berbalas pantun menyikapi dugaan kecurangan.
 
Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta seluruh pihak, khususnya para elite politik, untuk move on. Terlebih, sebagian besar masyarakat menilai Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar.
 
"Artinya, publik akar rumput sudah move on. Seharusnya, para aktor politik pun move on seperti halnya publik akar rumput," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jumat, 10 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu ingin para elite politik meniru masyarakat. Warga aktif melakukan berbagai kegiatan merajut kembali persatuan dan kesatuan setelah sempat renggang karena perbedaan pilihan politik.
 
Misalnya, di Banjarnegara, Jawa Tengah. Masing-masing tim sukses membagikan perangkat salat sebagai ungkapan syukur karena Pemilu 2019 di Banjarnegara berjalan lancar dan damai.
 
Berbagai daerah lainnya juga menggelar kegiatan serupa melalui tradisi masing-masing. Ada tradisi santap daging bersama di Aceh, Pawai Obor di Jawa Barat, tradisi Gerebek Apem di Jombang, dan sebagainya.
 
"Semua ini sengaja disebutkan untuk menunjukkan kepada semua elite politik bahwa publik akar rumput sudah move on dari sebelumnya isu tentang Pemilu, kini sedang menghayati ibadah puasa Ramadan," katanya.
 
Bamsoet menegaskan agar elite politik memiliki sikap serupa dengan masyarakat. Diharapkan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk rekonsiliasi.
 
"Akal sehat selalu menunjuk arah yang benar. Kalau arus pemulihan itu dilawan, elite politik akan terisolasi dari banyak komunitas," ujar dia.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif