Ilustrasi pemilu. Medcom.id/M. Rizal.
Ilustrasi pemilu. Medcom.id/M. Rizal.

KIP: Sistem IT KPU Modern

Pemilu kpu pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 26 April 2019 14:53
Jakarta: Komisi Informasi Pusat (KIP) menilai sistem teknologi informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) modern. Komisioner KIP Romanus Ndau menilai KPU memiliki sumber daya manusia yang masih muda dan ahli di bidangnya.
 
Server dan sumber daya manusia yang terlibat menunjukkan Indonesia maupun KPU sebagai penyelenggara pemilu sangat berdaulat.
 
"Saya sudah tanyakan bagaimana mekanisme merespons dugaan-dugaan kecurigaan hingga ada laporan-laporan informasi dari publik dan kami udah lihat, mereka sudah tanggap. Bagaimana seluruh prasangka, seluruh misinformasi, bisa ditangani KPU," kata Romanus di Gedung KPU, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Akumulasi Pekerjaan Diduga Penyebab Petugas KPPS Kelelahan
 
KIP memastikan KPU siap meluruskan informasi miring di masyarakat. Ia yakin lembaga pimpinan Arief Budiman itu mampu menjawab tudingan miring masyarakat.
 
"Sekali lagi ini adalah bukti dalam pandangan kami, KPU sangat layak dipercaya. selain situng (sistem informasi penghitungna suara) dibangun dengan teknologi yang baik, dan sumber daya yang baik antusiasme untuk pemilu sangat kuat," ujar Romanus.
 
Baca: Bawaslu: Kecurangan Terstruktur Sistematis dan Masif Sulit Dibuktikan
 
Ketua KPU Arief Budiman sengaja mengundang KIP mengecek infrastruktur IT KPU. KIP juga sempat bertanya mengenai informasi miring terkait transparansi KPU.
 
"Saya mengajak beliau berdua untuk melihat bagaimana KPU menyediakan informasi itu, apa yang digunakan, siapa yang mengerjakan dan apakah ini sudah memenuhi standar kelayakan sebuah informasi disampaikan kepada publik," ujar Arief.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif