Pemilih menunjukkan tinta di jarinya seusai pencoblosan di TPSLN Moskow. Foto: MI/Panca Syurkani.
Pemilih menunjukkan tinta di jarinya seusai pencoblosan di TPSLN Moskow. Foto: MI/Panca Syurkani.

Pemungutan Suara Ulang Digelar di 11 TPS DKI

Pemilu pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 28 April 2019 15:16
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di 11 tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta. PSU ini berdasarkan hasil rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta.
 
"Sudah digelar serentak semua (PSU). Pokoknya basis kita temuan dan laporan saja," kata Komisioner Bawaslu DKI Puadi kataMedcom.id, Minggu, 28 Maret 2019.
 
Puadi menjelaskan rekomendasi PSU ini berdasarkan hasil penelusuran temuan Bawaslu DKI dan aduan dari masyakarat. Semula, ada 19 TPS di Jakarta yang direkomendasikan untuk PSU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian setelah kita mengkaji lagi menjadi 11 di 3 kabupaten kota: Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara," ujar Puadi.
 
Menurut dia, TPS menggelar PSU karena banyaknya pemilih luar daerah yang ikut menyoblos. Padahal, mereka tak memiliki surat rekomendasi pindah TPS formulir A5.
 
"1 TPS di TPS 018 Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, karena 33 pemilih yang tanpa A5 dari mahasiswa," jelas Puadi.
 
TPS 172 Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan,Jakarta Utara, direkomendasikan PSU lantaran ada 37 orang orang yang menggunakan hak pilih dengan KTP-el luar Jakarta. Mereka mencoblos tanpa surat keterangan pindah memilih atau formulir A5.
 
Baca: Jokowi-Ma'ruf Tetap Unggul di Pencoblosan Ulang Sukoharjo
 
Kasus serupa juga ditemui di TPS 069 Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran,dan TPS 002 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar,Jakarta Pusat. Di sana, masing-masing ada 7 dan 4 orang luar Jakarta yang memilih tanpa A5.
 
Kasus pemilih luar Jakarta yang memilih tanpa formulir A5 juga ditemui di delapan TPS di Jakarta Timur. TPS itu meliputi TPS 02 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung; TPS 116 Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung; TPS 014 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung; TPS 034 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung; TPS 101 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo; serta TPS 018 Kelurahan Malakasari, Kecamatan Duren Sawit.
 
Sementara itu, TPS 163 Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, direkomendasikan PSU lantaran ada pemilih diminta menandatangani 120 surat suara. Padahal, surat suara seharusnya ditandatangani oleh ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif