Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

KPU Jadikan Debat Perdana Bahan Evaluasi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 18 Januari 2019 08:55
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar debat perdana Pilpres 2019. KPU akan mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan debat perdana ini.
 
"Kita akan evaluasi dalam dua tiga hari ini," kata Ketua KPU Arief Budiman usai pelaksanaan debat perdana di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Arief menilai pelaksanaan debat perdana cukup sukses. Menurut dia, debat berjalan interaktif lantaran perdebatan antar pasangan calon sudah terjadi sejak segmen kedua sampai segmen ke lima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, Arief menilai ada beberapa catatan yang mesti diperbaiki untuk pelaksanaan debat ke depan. Catatan itu akan jadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan debat-debat berikutnya.
 
"Apakah pola ini masih sesuai untuk tema berikutnya atau nanti kita sesuaikan lagi. Termasuk pilihan panelis, moderator nanti kami cek lagi," pungkas Arief.
 
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menambahkan evaluasi termasuk soal penggunaan kisi-kisi pertanyaan panelis pada debat perdana. Jika dirasa penggunaan kisi-kisi tidak efektif, KPU tak akan memberlakukan kembali ketentuan itu pada debat berikutnya.
 
Baca: Penjelasan Ma'ruf Amin Soal Terorisme Sudah Tepat
 
"Makanya masih terbuka untuk berubah lagi (pola debat), jika dirasa kurang, akan kita perbaiki," ungkap dia.
 
KPU merencanakan menggelar lima kali debat pilpres 2019. Debat kedua berikutnya digelar pada 17 Februari 2019 mendatang dengan format debat antarpasangan claon dan membahas tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan infrastuktur.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif