Polri Jamin Netralitasnya di Pemilu 2019
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Jakarta:Mabes Polri menjamin sikap netralitas semua anggota kepolisian pada saat Pemilu 2019. Hal itu menyikapi munculnya foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam kegiatan kampanye calon Presiden Jokowi di Palembang pada Minggu, 25 November 2018.

"Pada prinsipnya, Polri dalam kontestasi Pemilu adalah netral. Jadi batasan tugas dan di luar tugas itu jelas," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Ruang Rupatama Mabes ‎Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin, 26 November 2018.


Meski orang nomor satu di kepolisian itu hadir di Palembang, dia mengaku, bukan untuk mendukung Jokowi. Tapi menemani Panglima ‎TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. "Hanya untuk kunjungan kerja mendampingi Panglima TNI dan pejabat terkait lainnya," jelas dia.

Baca: Polri Petakan Potensi Konflik Pilpres

Sebelumnya‎, Jokowi berkampanye di Palembang bersama tokoh dan putra daerah Sumatera Selatan yang mendukungnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Ketiganya terdiri dari Gubernur Sumsel Herman Deru, Gubernur Sumsel dua periode, Alex Noerdin serta Ketua TKD Sumsel Syahrial Oesman.

Kemudian, Jokowi menampilkan sosok tiga orang lainnya yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. "‎Ada Budi Karya Sumadi, orang sini," ucap Jokowi.

Saat menyebut Tito, mantan dari Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan kalau Kapolri akan tetap netral dalam Pemilu 2019. "Pak Tito orang sini, tapi harus netral. Kalau saya sebut, nanti akan keliru," tegas Jokowi.‎



(YDH)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id